TUGAS 4
Media
Dalam produksi media dan penerbitan, konten informasi dan
pengalama dapat memberikan nilai bagi end-user/audience dalam konteks tertentu.
Konten dapat disampaikan melalui media apapun seperti internet, televisi, dan
CD audio, serta acara live seperti konferensi dan pertunjukan panggung. Konten
(media) digunakan untuk mengidentifikasi dan menilai berbagai format dan genre
informasi yang dikelola sebagai nilai tambah, dan media komponen berguna untuk
target audiens. Produksi media dan teknologi pengiriman berpotensi meningkatkan
nilai konten dengan format, penyaringan dan menggabungkan sumber-sumber asli
konten untuk hal yang baru dengan konteks yang baru. Kurang penekanan pada
nilai dari konten yang disimpan, dan lebih menekankan pada repurposing cepat,
pemakaian ulang, dan pemindahan telah menyebabkan banyak penerbit dan produser
media melihat fungsi utama mereka kurang mempunyai banyak pembuat/pencipta dan
lebih sebagai transformer dari konten.
Standard
Standar
Web merupakan suatu keharusan, standar non-proprietary dan spesifikasi teknis
lainnya yang mendefinisikan dan menggambarkan aspek dari World Wide Web. Dalam
beberapa tahun terakhir, istilah ini telah lebih sering dikaitkan dengan
kecenderungan untuk membangun situs web, dan filosofi desain web dan
pengembangan yang meliputi metode-metode.
Standar
web satu sama lain saling tergantung, beberapa di antaranya mengatur aspek
internet, bukan hanya World Wide Web (Sebuah Situs). Bahkan ketika web tidak
terpantau, standar tersebut secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi
perkembangan dan administrasi situs web dan layanan web. Pertimbangannya adalah
interoperabilitas, aksesibilitas dan kegunaan dari halaman web dan situs web.
Standar
web, dalam arti yang lebih luas, terdiri dari:
·
Recommendations published
by the World Wide Web Consortium (W3C)
·
Internet standard (STD)
documents published by the Internet Engineering Task Force (IETF)
·
Request for Comments (RFC)
documents published by the Internet Engineering Task Force
·
Standards published
by the International Organization for Standardization (ISO)
·
Standards published
by Ecma International (formerly ECMA)
·
The Unicode Standard and
various Unicode Technical Reports (UTRs) published by the
Unicode Consortium
·
Name and number registries maintained by
the Internet Assigned Numbers Authority (IANA)
Standar
web bukanlah merupakan aturan, tetapi terus berkembang dan disesuaikan dengan
teknologi web. Standar web yang dikembangkan oleh suatu organisasi sering
bersaing kadang disewakan oleh teknologi yang tidak sesuai dengan standarisasi
publik dan dinyatakan sebagai standar oleh satu individu atau perusahaan.
Bahasa
Berikut
adalah penjelasan tentang bahasa pemrograman apa saja yang biasa digunakan
untuk membuat suatu website
1. Bahasa Pemrograman HTML
HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet.
HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C).
HTML berupa kode-kode tag yang menginstruksikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkan.
Sebuah file yang merupakan file HTML dapat dibuka dengan menggunakan browser web seperti Mozilla Firefox atau Microsoft Internet Explorer.
2. Bahasa Pemrograman PHP
PHP adalah bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini.
PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama FI (Form Interpreted), yang wujudnya berupa sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data form dari web.
PHP banyak dipakai untuk membuat situs web yang dinamis, walaupun tidak tertutup kemungkinan digunakan untuk pemakaian lain.
PHP biasanya berjalan pada sistem operasi linux (PHP juga bisa dijalankan dengan hosting windows).
3. Bahasa Pemrograman ASP
ASP adalah singkatan dari Active Server Pages yang merupakan salah satu bahasa pemograman web untuk menciptakan halaman web yang dinamis.
ASP merupakan salah satu produk teknologi yang disediakan oleh Microsoft.
ASP bekerja pada web server dan merupakan server side scripting.. Bahasa
4. Pemrograman XML
Extensible Markup Language (XML) adalah bahasa markup serbaguna yang direkomendasikan W3C untuk mendeskripsikan berbagai macam data.
XML menggunakan markup tags seperti halnya HTML namun penggunaannya tidak terbatas pada tampilan halaman web saja.
XML merupakan suatu metode dalam membuat penanda/markup pada sebuah dokumen.
5. Bahasa Pemrograman WML
WML adalah kepanjangan dari Wireless Markup Language, yaitu bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi berbasis XML (eXtensible Markup Langauge).
WML ini adalah bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi wireless.
WML merupakan analogi dari HTML yang berjalan pada protocol nirkabel.
6. Bahasa Pemrograman PERL
Perl adalah bahasa pemrograman untuk mesin dengan sistem operasi Unix (SunOS, Linux, BSD, HP-UX), juga tersedia untuk sistem operasi seperti DOS, Windows, PowerPC, BeOS, VMS, EBCDIC, dan PocketPC.
PERL merupakan bahasa pemograman yang mirip bahasa pemograman C.
7. Bahasa Pemrograman CFM
Cfm dibuat menggunakan tag ColdFusion dengan software Adobe ColdFusion / BlueDragon/ColdfusionStudio.Syntax coldfusion berbasis html.
8. Bahasa Pemrograman Javascript
Javascript adalah bahasa scripting yang handal yang berjalan pada sisi client.
JavaScript merupakan sebuah bahasa scripting yang dikembangkan oleh Netscape.
Untuk menjalankan script yang ditulis dengan JavaScript kita membutuhkan JavaScript-enabled browser yaitu browser yang mampu menjalankan JavaScript.
9. Bahasa Pemrograman CSS
Cascading Style Sheets (CSS) adalah suatu bahasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu dokumen yang ditulis dalam bahasa markup.
Penggunaan yang paling umum dari CSS adalah untuk memformat halaman web yang ditulis dengan HTML dan XHTML.
Walaupun demikian, bahasanya sendiri dapat dipergunakan untuk semua jenis dokumen XML termasuk SVG dan XUL.
Spesifikasi CSS diatur oleh World Wide Web Consortium (W3C).
KEBERAGAMAN
BUDAYA
Kemajuan IPTEK yang begitu pesat pada saat ini, memiliki banyak
sekali pengaruk bagi kebudayaan yaitu salah satunya Bergesernya Nilai-nilai
Budaya.Bangsa kita adalah bangsa yang besar, maksudnya Bangsa yang besar adalah
bangsa yang mau menghargai budayanya, mungkin itu adalah istilah yang tepat
untuk menggambarkan begitu beragamnya budaya orang Indonesia mulai dari Sabang
sampai Merauke. Beribu – ribu pulau, suku, bahasa, adat, membuat Indonesia
menjadi salah satu daya tarik dan Negara yang paling kaya dipandang dari
budayanya. Secara matematis kita tidak dapat menghitung betapa melimpahnya
kekayaan budaya kita
Dipandang dari adatnya ke-Timuran-nya maka Indonesia sangat berbeda dengan daerah yang ada di Barat, rata – rata orang Timur sangat menjunjung tinggi nilai – nilai budayanya sendiri sebagai aset untuk melestarikan daerah dan budayanya secara turun – temurun. Nilai – nilai budaya yang secara turun – temurun yang dimaksud adalah Sopan, Santun, Taat, Menghormati, Menghargai, Menjunjung Tinggi Adat, Tata Krama Pergaulan, dan lainnya yang menjadi ciri khas orang Indonesia. Kebiasaan mengalah, menghargai jasa orang lain, menghormati hak milik orang merupakan gambaran betapa orang Indonesia merupakan bangsa yang sangat menjunjung tinggi budayanya. Bagi orang Indonesia budaya adalah jembatan menuju kesuksesan, budaya adalah tempat untuk mencari solusi jika terdapat permasalahan, budaya adalah harta yang tak ternilai harganya.
Dipandang dari adatnya ke-Timuran-nya maka Indonesia sangat berbeda dengan daerah yang ada di Barat, rata – rata orang Timur sangat menjunjung tinggi nilai – nilai budayanya sendiri sebagai aset untuk melestarikan daerah dan budayanya secara turun – temurun. Nilai – nilai budaya yang secara turun – temurun yang dimaksud adalah Sopan, Santun, Taat, Menghormati, Menghargai, Menjunjung Tinggi Adat, Tata Krama Pergaulan, dan lainnya yang menjadi ciri khas orang Indonesia. Kebiasaan mengalah, menghargai jasa orang lain, menghormati hak milik orang merupakan gambaran betapa orang Indonesia merupakan bangsa yang sangat menjunjung tinggi budayanya. Bagi orang Indonesia budaya adalah jembatan menuju kesuksesan, budaya adalah tempat untuk mencari solusi jika terdapat permasalahan, budaya adalah harta yang tak ternilai harganya.
Perubahan dalam hidup boleh terjadi akan budaya dengan nilainya
yang tak terhingga akan tetap menjadi simbol bagi orang Indonesia dalam
kehidupannya. Terbukti walaupun kemajuan begitu pesat saat ini akan tetapi
dalam setiap kesempatan tetaplah budaya dikedepankan dalam setiap kegiatan yang
dilaksanakan.
Pada prinsipnya setiap perkembangan dan kemajuan dalam segi apapun baik adanya, setiap manusia menginginkan perubahan pun demikian dalam konteks kehidupan bermasyarakat.
Pada prinsipnya setiap perkembangan dan kemajuan dalam segi apapun baik adanya, setiap manusia menginginkan perubahan pun demikian dalam konteks kehidupan bermasyarakat.
Dari sekian banyak bidang ada dan berpacu untuk kemajuan salah
satunya adalah bidang teknologi, yang menghadirkan perubahan dan kemajuan untuk
selanjutnya digunakan oleh manusia. Beragam teknologi yang diciptakan
memungkinkan manusia untuk bebas memilih apa yang diinginkan.
Perkembangan teknologi seperti yang sudah tersaji diatas tentu membawa perubahan yang begitu baik dan pesat dalam kehidupan manusia. Perkembangan itu baik adanya jika sesuai dengan apa yang diharapkan. Bagaimana jika perkembangan teknologi membawa pengaruh negatif dalam hidup manusia ? apakah pengaruh negatif dari teknologi mempengaruhi pergeseran nilai – nilai budaya dalam kehidupan manusia ? Kedua pertanyaan ini menjadi wajar apabila kita perhatikan dengan seksama dampak dari kemajuan saat ini.
Tidak dipungkiri bahwa perkembangan teknologi saat ini juga membawa pengaruh yang kurang baik atau negatif dalam kehidupan manusia. Kehadiran tekologi yang sedemikian canggih membuat masyarakat umum mempunyai begitu banyak pilihan untuk memilih apa yang dikehendakinya.
Pertanyaan kedua apakah pengaruh negatif teknologi mempengaruhi bergesernya nilai – nilai budaya dalam masyarakat, jawabannya iya. Teknologi diciptakan oleh manusia untuk dapat memenuhi kebutuan manusia itu sendiri, akan tetapi pada perkembangan selanjutnya justru teknologi tersebut disalah gunakan. Misalnya lewat teknologi internet atau dunia maya orang akan semakin mudah mengakses situs – situs porno yang justru itu datang dari kaum muda, hal ini tentu membuat pergeseran norma asusila dalam hidup kaum muda tersebut. Ini menjadi satu contoh dari sekian banyak contoh yang ada dalam kehidupan sehari hari masyarakat.
Contoh lain adalah dampak teknologi adalah dalam bidang militer, berpuluh – puluh macam senjata dicipatakan untuk membunuh manusia, kemana larinya budaya untuk saling menolong, menghargai sesama manusia kalau teknologi yang diciptakan justru dipakai untuk membunuh manusia sendiri. Yang paling hangat dalam ingatan kita tentunya kasus penculikan dan perkosaan yang dilakukan oleh pelajar beberapa waktu lalu yang justru dilakukan setelah pada mulanya berkenalan lewat media teknologi jejaring sosial online facebook. Dengan begitu mudahnya orang dapat mengakses informasi diri dan menyebarluaskan kepada sesama teman, akibatnya prostitusi pun dapat dilakukan lewat dunia maya ini yang justru merupakan efek dari perkembangan teknologi modern. Dan masih banyak lagi contoh betapa perkembangan teknologi yang begitu canggih justru disalah gunakan mengakibatkan bergesernya nilai – nilai budaya umat manusia itu sendiri.
Perkembangan teknologi seperti yang sudah tersaji diatas tentu membawa perubahan yang begitu baik dan pesat dalam kehidupan manusia. Perkembangan itu baik adanya jika sesuai dengan apa yang diharapkan. Bagaimana jika perkembangan teknologi membawa pengaruh negatif dalam hidup manusia ? apakah pengaruh negatif dari teknologi mempengaruhi pergeseran nilai – nilai budaya dalam kehidupan manusia ? Kedua pertanyaan ini menjadi wajar apabila kita perhatikan dengan seksama dampak dari kemajuan saat ini.
Tidak dipungkiri bahwa perkembangan teknologi saat ini juga membawa pengaruh yang kurang baik atau negatif dalam kehidupan manusia. Kehadiran tekologi yang sedemikian canggih membuat masyarakat umum mempunyai begitu banyak pilihan untuk memilih apa yang dikehendakinya.
Pertanyaan kedua apakah pengaruh negatif teknologi mempengaruhi bergesernya nilai – nilai budaya dalam masyarakat, jawabannya iya. Teknologi diciptakan oleh manusia untuk dapat memenuhi kebutuan manusia itu sendiri, akan tetapi pada perkembangan selanjutnya justru teknologi tersebut disalah gunakan. Misalnya lewat teknologi internet atau dunia maya orang akan semakin mudah mengakses situs – situs porno yang justru itu datang dari kaum muda, hal ini tentu membuat pergeseran norma asusila dalam hidup kaum muda tersebut. Ini menjadi satu contoh dari sekian banyak contoh yang ada dalam kehidupan sehari hari masyarakat.
Contoh lain adalah dampak teknologi adalah dalam bidang militer, berpuluh – puluh macam senjata dicipatakan untuk membunuh manusia, kemana larinya budaya untuk saling menolong, menghargai sesama manusia kalau teknologi yang diciptakan justru dipakai untuk membunuh manusia sendiri. Yang paling hangat dalam ingatan kita tentunya kasus penculikan dan perkosaan yang dilakukan oleh pelajar beberapa waktu lalu yang justru dilakukan setelah pada mulanya berkenalan lewat media teknologi jejaring sosial online facebook. Dengan begitu mudahnya orang dapat mengakses informasi diri dan menyebarluaskan kepada sesama teman, akibatnya prostitusi pun dapat dilakukan lewat dunia maya ini yang justru merupakan efek dari perkembangan teknologi modern. Dan masih banyak lagi contoh betapa perkembangan teknologi yang begitu canggih justru disalah gunakan mengakibatkan bergesernya nilai – nilai budaya umat manusia itu sendiri.
MODEL GENERATIVE PADA WEB
Pengertian Pembelajaran Generatif Pembelajaran Generatif (PG)
merupakan terjemahan dari Generative Learning (GL). Menurut Osborno dan
Wittrock dalam Katu (1995.b:1), pembelajaran generatif merupakan suatu model
pembelajaran yang menekankan pada pengintegrasian secara aktif pengetahuan baru
dengan menggunakan pengetahuan yang sudah dimiliki mahasiswa sebelumnya.
Pengetahuan baru itu akan diuji dengan cara menggunakannya dalam menjawab
persoalan atau gejala yang terkait. Jika pengetahuan baru itu berhasil menjawab
permasalahan yang dihadapi, maka pengetahuan baru itu akan disimpan dalam
memori jangka panjang.
Pembelajaran
generatif memiliki landasan teoritik yang berakar pada teori-teori belajar
konstruktivis mengenai belajar dan pembelajaran.
Butir-butir
penting dari pandangan belajar menurut teori konstruktivis ini menurut Nur
(2000:2-15) dan Katu (1995.a: 1-2), diantaranya adalah :
a) Menekankan bahwa perubahan kognitif
hanya bisa terjadi jika konsepsi-konsepsi yang telah dipahami sebelumnya diolah
melalui suatu proses ketidakseimbangan dalam upaya memahami
inforamasi-informasi baru
b) Seseorang belajar jika dia bekerja
dalam zona perkembangan terdekat, yaitu daerah perkembangan sedikit di atas
tingkat perkembangannya saat ini. Seseorang belajar konsep paling baik apabila
konsep itu berada dalam zona tersebut. Seseorang bekerja pada zona perkembangan
terdekatnya jika mereka terlibat dalam tugas yang tidak dapat mereka selesaikan
sendiri, tetapi dapat menyelesaikannya jika dibantu sedikit dari teman sebaya
atau orang dewasa.
c) Penekanan pada prinsip Scaffolding,
yaitu pemberian dukungan tahap demi tahap untuk belajar dan pemecahan masalah.
Dukungan itu sifatnya lebih terstruktur pada tahap awal, dan kemudian secara
bertahap mengalihkan tanggung jawab belajar tersebut kepada mahasiswa untuk
bekerja atas arahan dari mereka sendiri. Jadi, mahasiswa sebaiknya lansung saja
diberikan tugas kompleks, sulit, dan realistik kemudian dibantu menyelesaikan
tugas kompleks tersebut dengan menerapkan scaffolding.
d) Lebih menekankan pada pengajaran
top-down daripada bottom-up. Top-down berarti mahasiswa langsung mulai dari
masalah-masalah kompleks, utuh, dan autentik untuk dipecahkan. Dalam proses
pemecahan masalah tersebut, mahasiswa mempelajari keterampilan-keterampilan
dasar yang diperlukan untuk memecahkan masalah kompleks tadi dengan bantuan
guru/dosen atau teman sebaya yang lebih mampu.
e) Menganut asumsi sentral bahwa belajar itu
ditemukan. Meskipun jika kita menyampaikan informasi kepada mahasiswa, tetapi
mereka harus melakukan operasi mental atau kerja otak atas informasi tersebut
untuk membuat informasi itu masuk ke dalam pemahaman mereka.
f) Menganut visi mahasiswa ideal, yaitu seorang
mahasiswa yang dapat memiliki kemampuan pengaturan diri sendiri dalam belajar.
g) Menganggap bahwa jika seseorang
memiliki strategi belajar yang efektif dan motivasi, serta tekun menerapkan
strategi itu sampai suatu tugas terselesaikan demi kepuasan mereka sendiri,
maka kemungkinan sekali mereka adalah pelajar yang efektif dan memiliki
motivasi abadi dalam belajar.
h) Sejumlah penelitian (Slavin, 1997:
)yang menunjukkan pengaruh positif pendekatan-pendekatan konstruktivis yang
melandasi pembelajaran generatif terhadap variabel-variabel hasil belajar
tradisional, diantaranya adalah : dalam bidang matematika (Carpenter dan
Fennema, 1992), bidang sains (Neale, Smith, dan Johnson, 1992), membaca (Duffi
dan Rochler, 1986), menulis (Bereiter dan Scardamalia, 1987). Penelitian Knapp
(1995) menemukan suatu hubungan positif pendekatan-pendekatan konstruktivis
dengan hasil belajar.
langkah
atau tahapan pembelajaran generatif menurut Katu (1995. b:5-6), terdiri atas 5
tahap dengan penjelasan sebagai berikut :
a) Tahap-1 : PengingatanPada tahap awal
ini, dosen menuliskan topik dan melibatkan mahasiswa dalam diskusi yang
bertujuan untuk menggali pemahaman mereka tentang topik yang akan dibahas.
Mereka diajak untuk mengungkapkan pemahaman dan pengalaman mereka dalam
kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan topik tersebut. Mereka diminta mengomentari
pendapat teman sekelas dan membandingkannya dengan pendapat sendiri. Tujuan
dari tahap pengingatan ini adalah untuk menarik perhatian mahasiswa terhadap
pokok yang sedang dibahas, membuat pemahaman mereka menjadi eksplisit, dan
sadar akan variasi pendapat di antara mereka sendiri. Untuk membuat suasana
menjadi kondusif, dosen diharapkan tidak akan menilai mana pendapat yang
“salah” dan mana yang “benar”. Yang perlu dilakukan adalah membuat mereka
berani mengemukakan pendapatnya tanpa takut disalahkan. Sebaiknya pertanyaan
yang diajukan dosen adalah pertanyaan terbuka.
b) Tahap-2 : Tantangan dan
KonfrontasiSetelah dosen mengetahui pandangan sebagian mahasiswanya, dosen
mengajak mereka untuk mengemukakan fenomena atau gejala-gejala yang
diperkirakan muncul dari suatu peristiwa yang akan didemonstrasikan kemudian.
Mereka diminta mengemukakan alasan untuk mendukung dugaan mereka. Mereka juga
diajak untuk menanggapi pendapat teman satu kelas mereka yang berbeda dari
pendapat sendiri. Dosen diharapkan untuk mencatat dan mengelompokkan dugaan dan
penjelasan yang muncul di papan tulis. Secara sadar dosen mempertentangkan
pendapat-pendapat yang berbeda itu. Setelah itu dosen melaksanakan demonstrasi
dan meminta mahasiswa untuk mengamati dengan seksama gejala yang muncul. Dosen
perlu memberikan kesempatan kepada mereka untuk mencerna apa yang mereka amati,
akan merasa terganggu dan mengalami konflik kognitif dalam pikirannya. Setelah
itu barulah dosen menayakan apakah gejala yang mereka amati itu sesuai atau tidak
dengan pikiran mereka. Dengan menggunakan cara dialog yang timbal balik dan
saling melengkapi, diharapkan mereka dapat menemukan jawaban atas gejala yang
mereka amati. Dalam hal ini dosen menyiapkan perangkat demonstrasi, tampilan
gambar, atau grafik yang dapat membantu mahasiswa menemukan alternatif jawaban
atas gejala yang diamati.
c) Tahap-3 : Reorganisasi Kerangka Kerja
KonsepPada tahap ini dosen membantu mahasiswa dengan mengusulkan alternatif
tafsiran menurut fisikawan dan menunjukkan bahwa pandangan yang dia usulkan
dapat menjelaskan secara koheren gejala yang mereka amati. Mahasiswa diberikan
beberapa persoalan sejenis dan menyarankan mereka menjawabnya dengan pandangan
alternatif yang diusulkan dosen. Diharapkan mereka akan merasakan bahwa pandangan
baru dari dosen tersebut mudah dimengerti, masuk akal, dan berhasil dalam
menjawab berbagai persoalan. Diharapkan mahasiswa mulai mereorganisasi kerangka
berpikir mereka dengan melakukan perubahan struktur dan hubungan antar
konsep-konsep. Proses reorganisasi ini tentu membutuhkan waktu.
d) Tahap-4 : Aplikasi KonsepPada tahap
ini, dosen memberikan berbagai persoalan dengan konteks yang berbeda untuk
diselesaikan oleh mahasiswa dengan kerangka konsep yang telah mengalami
rekonstruksi. Maksudnya adalah memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk
menerapkan pengetahuan/keterampilan baru mereka pada situasi dan kondisi yang
baru. Keberhasilan mereka menerapkan pengetahuan dalam situasi baru akan
membuat para mahasiswa makin yakin akan keunggulan kerangka kerja konseptual
mereka yang sudah direorganisasi. Pelatihan ini dimaksudkan juga untuk lebih
menguatkan hubungan antar konsep di dalam kerangka berpikir yang baru mengalami
reprganisasi.
e) Tahap-5 : Menilai KembaliDalam suatu
diskusi, dosen mengajak mahasiswanya dalam menilai kembali kerangka kerja
konsep yang telah mereka dapatkan.
Beberapa Petunjuk Pelaksanaan Pembelajaran
GeneratifDalam melaksanakan pembeljaran generatif,menuru Sutrisno (1995:3),
dosen perlu memperhatikan beberapa hal, diantaranya adalah sebagai berikut : a.
Menyajikan demonstrasi untuk menantang intuisi mahasiswa. Setelah dosen
mengetahui intuisi yang dimiliki mahasiswa, dosen mempersiapkan demonstrasi
yang menghasilkan peristiwa yang dapat berbeda dari intuisi mahasiswa.
MODEL RETROTIKA PADA WEB
Titik tolak retorika adalah berbicara. Berbicara
berarti mengucapkan kata atau kalimat kepada seseorang atau sekelompok orang,
untuk mencapai suatu tujuan tertentu (misalnya memberikan informasi ata memberi
motivasi). Berbicara adalah salah satu kemampuan khusus pada manusia. Oleh
karena itu pembicaraan itu setua umur bangsa manusia. Bahasa dan pembicaraan
itu muncul, ketika manusia mengungkapkan dan menyampaikan pikirannya kepada
manusia lain.
Retorika berarti kesenian untuk berbicara baik (Kunst,
gut zu reden atau Ars bene dicendi), yang dicapai berdasarkan bakat alam
(talenta) dan keterampilan teknis (ars, techne), Dewasa ini retorika diartikan
sebagai kesenian untuk berbicara baik, yang dipergunakan dalam proses
komunikasi antarmanusia. Kesenian berbicara ini bukan hanya berarti berbicara
lancar tanpa jalan pikiran yang jelas dan tanpa isi, melainkan suatu kemampuan
untuk berbicara dan berpidato secara singkat, jelas, padat dan mengesankan.
Retorika modern mencakup ingatan yang kuat, daya kreasi dan fantasi yang
tinggi, teknik pengungkapan yang tepat dan daya pembuktian serta penilaian yang
tepat. Retorika modern adalah gabungan yang serasi antara pengetahuan, pikiran,
kesenian dan kesanggupan berbicara. Dalam bahasa percakapan atau bahasa
populer, retorika berarti pada tempat yang tepat, pada waktu yang tepat, atas
cara yang lebih efektif, mengucapka kata-kata yang tepat, benar dan
mengesankan. Itu berarti orang harus dapat berbicara jelas, singkat dan
efektif. Jelas supaya mudah dimengerti; singkat untuk menghemat waktu dan
sebagai tanda kepintaran dan efektif karena apa gunanya berbicara kalau tidak
membawa efek? Dalam konteks ini sebuah pepatah Cina mengatakan, “Orang yang
menembak banyak, belum tentu seorang penembak yang baik. Orang yang berbicara
banyak tidak selalu berarti seorang yang pandai bicara.”
Keterampilan dan kesanggupan untuk menguasai seni
berbicara ini dapat dicapai dengan mencontoh para retor yang terkenal
(imitatio), dengan mempelajari dan mempergunakan hukum-hukum retorika (doctrina)
dan dengan melakukan latihan yang teratur (exercitium). Dalam seni berbicara
dituntut juga penguasaan bahan (res) dan pengungkapan yang tepat melalui bahasa
(verba).
Retorika, Dialektika dan Elocutio
Ilmu retorika mempunyai hubungan yang erat dengan dialektika
yang sudah dikembangkan sejak zaman Yunani kuno. Dialektika adalah metode untuk
mencari kebenaran lewat diskusi dan debat. Melalui dialektika, orang dapat
mengenal dan menyelami suatu masalah (intellectio), mengemukakan argurmentasi
(inventio) dan menyusun jalan pikiran secara logis (dispositio). Retorika
mempunyai hubungan dengan dialektika karena debat dan diskusi juga merupakan
bagian dari ilmu retorika.
Elocutio berarti kelancaran berbicara. Dalam retorika
kelancaran berbicara sangat dituntut. Elocutio menjadi prasyarat kepandaian
berbicara. Oleh karena itu retorika juga berhubungan erat dengan elocutio.
Web
Annotations
Tagging
Tagging
adalah kata yang belum lama dilahirkan. Dahulu sebelum ada tagging, dunia
informasi yang ada di internet berserakan dan tidak tersusun berdasarkan
kategorinya.
Hal itu
bagaikan, perpustakaan tanpa ada pengurusnya atau pustakawan. Nah sekarang
dengan adanya tagging, para pengguna internet diminta saling membantu untuk
menyusun informasi berdasarkan kategori, popularitas dan kesukaannya, termasuk
juga berita-berita terkini.
Google pun
diam-diam sudah memasukkan sistem tag, semacam fitur bookmark ke dalam my
Search History, hal ini memungkinkan Anda melakukan tagging dan menaruh
komentar ke setiap situs web yang Anda kunjungi.
Metadata
Metadata
adalah informasi terstruktur yang mendeskripsikan, menjelaskan, menemukan, atau
setidaknya membuat menjadikan suatu informasi mudah untuk ditemukan kembali,
digunakan, atau dikelola. Metadata sering disebut sebagai data tentang data
atau informasi tentang informasi. Metadata ini mengandung informasi mengenai
isi dari suatu data yang dipakai untuk keperluan manajemen file/data itu
nantinya dalam suatu basis data. Jika data tersebut dalam bentuk teks,
metadatanya biasanya berupa keterangan mengenai nama ruas (field), panjang
field, dan tipe fieldnya: integer, character, date, dll. Untuk jenis data
gambar (image), metadata mengandung informasi mengenai siapa pemotretnya, kapan
pemotretannya, dan setting kamera pada saat dilakukan pemotretan. Satu lagi
untuk jenis data berupa kumpulan file, metadatanya adalah nama-nama file, tipe
file, dan nama pengelola (administrator) dari file-file tersebut.
Fungsi
metadata
Metadata
memberikan fungsi yang sama seperti katalog yaitu:
·
membuat sumberdaya bisa ditemukan dengan
menggunakan kriteria yang relevan
·
mengidentifikasi sumberdaya
·
mengelompokkan sumberdaya yang serupa
·
membedakan sumberdaya yang tak miliki
kesamaan
·
memberikan informasi lokasi
Jenis
metadata
Terdapat
tiga jenis utama metadata:
·
Metadata deskriptif menggambarkan suatu
sumberdaya dalam maksud seperti penemuan dan identifikasi. Dia bisa meliputi
elemen semisal judul, abstrak, pengarang, dan kata kunci.
·
Metadata struktural menunjukkan bagaimana
kumpulan obyek disusun secara bersama-sama menjadi satu, semisal bagaimana
halaman-halaman ditata untuk membentuk suatu bab.
·
Metadata administratif menyediakan
informasi untuk membantu mengelola sumberdaya, semisal terkait kapan dan
bagaimana suatu informasi diciptakan, tipe dokumen dan informasi teknis
lainnya, serta siapa yang bisa mengaksesnya.
Rich Snippet
Rich
snippet adalah tampilan hasil pencarian yang di-markup sehingga terlihat lebih
menarik. Rich snippet sama sekali tidak mempengaruhi peringkat, hanya membantu
pengguna Google untuk memilih sebuah hasil dengan informasi yang anda berikan.
Rich snippet ini membuat hasil pencarian untuk blog anda tampak berbeda
sehingga bisa menaikkan tingkat klik yang anda peroleh.
Anda bisa
menambahkan rich snippet pada HTML blog atau website anda untuk membantu Google
menghidangkan informasi tambahan bagi pengunjungnya. Ada 3 tahap yang bisa anda
lakukan untuk membuat Rich Snippet pada blog anda.
#1
Pilih HTML Markup Format Untuk Rich Snippet Anda
Google
menyarankan agar kita menggunakan microdata. Tapi salah satu dari ketiga format
di bawah ini boleh anda gunakan untuk melakukan markup HTML.
·
Microdata
·
Microformat
·
RDFa
#2
Markup HTML Blog Anda
Ada
beberapa jenis rich snippets yang bisa anda pilih sesuai dengan blog anda.
Beberapa di antaranya adalah:
·
Ulasan/Review ada juga rich snippet dengan
foto/gambar profil tanpa daftar google plus
·
Data Orang
·
Data Produk
·
Data Bisnis dan Organisasi
·
Resep
·
Peristiwa
·
Video, dan
·
Musik
#3
Tes Tampilan Rich Snippet
Jika anda
sudah selesai melakukan markup, silahkan membuka alamat URL Rich Snippets
Testing Tool. Alat ini akan membantu anda untuk melihat hasil yang akan
ditampilkan Google pada hasil pencarian. Anda tinggal memasukkan salah satu URL
dari halaman artikel anda pada kotak URL yang disediakan. Tunggu beberapa saat
untuk melihat hasil rich snippet blog saudara.
Walaupun alat
ini sudah memperlihatkan hasil yang anda inginkan, tapi Google membuat
pernyataan bahwa tidak ada jaminan mereka akan menggunakan data yang anda
berikan. Karena Google tetap mempunyai algoritma yang mandiri untuk
membandingkan rich snippets anda dengan kualitas dari blog itu sendiri.
Lalu
bagaimana jika setelah pengujian ternyata rich snippets gagal terpasang?
Ada banyak
faktor yang menyebabkan rich snippets tidak tampil sesuai yang kita kehendaki.
Jika hal itu terjadi maka Google merekomendasikan untuk memeriksa beberapa hal
dari markup yang kita lakukan pada HTML blog kita. Cek sekali lagi kode markup
anda, dan sesuaikan dengan standar kode Google.
Struktur web
Hal
pertama dalam mempelajari sesuatu biasanya adalah pengenalan. Begitu juga
mengenai website, sebelum mempelajarinya lebih jauh, ada baiknya kita
mengetahui bagian-bagian pembentuk sebuah website. Minimalnya dengan itu kita
tahu, bagian mana yang bisa kita tangani, dan mana yang harus menggunakan jasa
orang lain. Atau, kita tahu bagian mana yang harus diotak-atik dalam
troubleshoting.
Secara
garis besar, agar dapat diakses oleh publik, sebuah website harus memiliki
empat komponen utama. Jika manusia memiliki nama, tubuh, jiwa, dan rumah tempat
tinggal, maka sebuah website pun memilikinya.
Nama
website, umumnya panduan dari domain dan TLD (Top Level
Domain), dimana nama ini bersifat uniq yaitu tidak ada yang sama satupun
didunia ini. Domain website ini adalah jayaweb, website ini menggunakan tld
.com, jadi nama website ini adalah jayaweb.com. Beberapa tld lainnya yaitu
.net, .info, .biz, dll. Tapi ada juga nama website menggunakan subdomain
(sub/anak dari domain), semisal blog.jayaweb.com
Tubuh, dalam
hal ini adalah struktur dan layout dasar sehingga website dapat tampil dengan
baik. Struktur utama sebuah website dibentuk oleh script html, dihiasi oleh css
dan gambar latar dan icon, agar dapat mengolah data maka dicerdaskan oleh php,
asp, jsp atau lainnya. Dan agar terlihat lebih atraktif, interaktif dan lebih
hidup, biasanya sebuah website disenjatai dengan javascript dan gambar-gambar
animasi dan flash. Jika Anda enggan pelajari web programing, minimalnya Anda
harus mempelajari cms agar dapat membuat website sendiri, semisal cms wordpress
dan joomla.
Jiwa, adalah
fungsi dan isi/content yang berkenaan dengan fungsi website, sesuai dengan
tujuan dibuatnya website itu. Macam-macam website berkenaan dengan hal ini
diantaranya adalah website sebagai toko online, website sebagai blog, portal,
social media, album photo, profil perusahaan, dll, yang tentunya memiliki type
content yang berbeda sesuai fungsinya. Untuk web desainwebnet.com, contentnya
adalah artikel tentang pembuatan website, belajar website dan info bisnis
online, karena website ini saya peruntukan sebagai web yang juga berfungsi juga
untuk publikasi.
Rumah, bagi
sebuah website adalah hosting untuk menempatkan file-file dan database website
tersebut. Hosting disini adalah server yang terhubung ke internet, jadi sever
local semisal apache di localhost bukanlah sebuah hosting dalam bahasan disini.
Jadi ketika seseorang mengakses sebuah website, sebenarnya dia sedang mengakses
sebuah komputer server yang terkoneksi ke internet, yang telah disediakan oleh
pihak hosting untuk disewakan.
Link Structure
Keuntungan
struktur situs web yang dibuat dengan baik :
·
Dapat mengkomunikasikan pesan yang ingin
disampaikan kepada pengunjung situs.
·
Pengguna situs web dapat dengan mudah
memahami situs web.
·
Mudah untuk dikembangkan pada waktu yang
akan datang, termasuk mengupdate suatu halaman situs jika diperlukan.
·
Dapat menurunkan biaya cost pengunjung
situs
Contoh
Struktur Web:
Struktur
Situs Web :
·
Struktur Linear
·
Struktur Grid
·
Struktur Hierarki
Struktur
Linear :
·
Struktur linear murni
·
Struktur linear dengan halaman tambahan
·
Struktur linear dengan halaman pilihan
·
Struktur linear dengan halaman alternatif
Struktur
Linear murni :
·
Digunakan untuk situs-situs web yang
kecil, seperti personal page.
·
Biasanya hanya terdiri dari 4 – 10
halaman.
·
Cocok digunakan untuk menampilkan isi yang
bersifat tutorial atau penjelasan mengenai suatu pokok bahasan.
·
Kelemahan struktur jenis ini adalah
ketidaknyamanan pengunjung dalam menjelajasi isi situs web.
·
Pada situs web yang besar struktur ini
masih digunakan, tetapi hanya sebatas untuk bagian-bagian penting seperti
halaman-halaman registrasi.
Struktur
linear tambahan :
·
Digunakan untuk menjelaskan sebuah isi
sama seperti struktur linear murni
·
Uraian ini cocok untuk membuat sebuah
penjelasan yang banyak mengandung uraian detail yang boleh untuk dilewatkan.
·
Kelemahan struktur ini sama dengan
kelemahan struktur linear murni, yaitu pengunjung tidak dapat melompat kesuatu
halaman tanpa melewati halaman berikutnya.
Struktur
linear dengan halaman pilihan :
·
Pada struktur ini pengunjung diberi
pilihan untuk melompat ke suatu halaman tertentu tanpa harus melewati halaman
berikutnya.
·
Struktur ini banyak digunakan pada
sebagian besar situs web yang ada.
·
Cocok digunakan untuk menamoilkan
informasi yang bersifat ringan, seperti artikel, berita dan informasi lain yang
tidak menuntut pengunjung agar menyimak penjelasan secara bertahap.
Struktur
linear dengan halaman alternatif :
·
Pada dasarnya sama dengan struktur linear
murni, bedanya pengunjug diberi alternatif “jalan” untuk pergi ke sebuah
halaman.
·
Struktur ini hanya sedikit lebih baik dari
struktur linear murni.
·
Struktur ini digunakan untuk isi situs
yang bersifat menjelaskan halaman demi halaman, namun ada beberapa bagian yang
memiliki tingkatan yang sama. Pada bagian inilah dapat dipisah menjadi halaman
alternatif.
Struktur
Grid
·
Merupakan perluasan dari struktur linear
murni.
·
Struktur ini juga mengandung struktur
linear dengan halaman alternatif dan struktur linear dengan halaman tambahan.
Struktur
Hierarki
·
Sangat banyak digunakan oleh sebagian
besar situs web. Karena struktur ini bersifat fleksibel dan mudah untuk
dikembangkan jika diperlukan.
·
Menggunakan sub-sub direktori dan
membentuk level-level ke bawah.
·
File-file yang memiliki karakteristik
fungsi yang sama akan disimpan dalam satu dierktori.
·
Pada struktur ini gambar-gambar yang
digunakan dalam setiap halaman web disimpan dalam sebuah drektori tertentu.
SOSIAL NETWORKING
Social Networking adalah layanan berbasiskan web yang
menyediakan kumpulan cara yang beragam bagi pengguna untuk dapat berinteraksi
seperti chat, messaging, email, video, chat suara, share file, blog, diskusi
grup, dan lain-lain. Umumnya jejaring sosial memberikan layanan untuk membuat
biodata dirinya. Pengguna dapat meng-upload foto dirinya dan dapat menjadi
teman dengan pengguna lainnya. Beberapa jejaring sosial memiliki fitur tambahan
seperti pembuatan grup untuk dapat saling sharing didalamnya.
CONTOH
SOSIAL NETWORKING
BLOG
Blog berasal
dari kata Web dan Log (WEBLOG) yang berarti catatan online (yang berada di
web).
Pengertian yang lebih lengkap, blog adalah situs web yang berisi tulisan,
artikel atau informasi bermanfaat yang diupdate (diperbaharui) secara teratur
dan dapat diakses secara online baik untuk umum maupun pribadi
Ciri-ciri :
Berikut adalah ciri-ciri blog secara umum
·
Memiliki
Nama dan Alamat yang bisa diakses secara online
·
Memiliki
tujuaN
·
Memiliki
isi atau postingan yang berupa artikel, catatan, dan informasi lainnya
·
Postingan
atau isi blog terarsip (tersimpan sesuai tanggal, bulan dan tahun posting)
·
Isi
Blog umumnya selalu bertambah atau terupdate sesuai dengan tujuan blog
·
Tujuan
Blog Secara Umum, antara lain :
·
Menyampaikan
informasi yang bermanfaat untuk diri sendiri maupun bagi orang lain
·
Memberikan
keuntungan bagi diri sendiri maupun orang lain
·
Menyalurkan
hobby dan mengisi waktu luang dengan kegiatan yang positif
·
Berkarya
atau aktualisasi diri
·
Saling
bertukar pengetahuan dengan pembaca, blogger menulis, pengunjung memberikan
tanggapan atau komentar
·
Berbagi
pengalaman
·
berbagi
software berguna, seperti foto, film/video, dokumen, dsb
·
Banyak
lagi, sesuai dengan jenis / topik yang diangkat
Karena blog bermacam-macam jenisnya, maka tujuan blog juga
dipengaruhi oleh jenis blog tersebut.
misal:
Ø Tujuan Blog Pribadi : bertujuan
untuk memberikan informasi yang update tentang diri pemilik blog. Seputar
pengalaman, hal-hal yang berkesan, catatan harian, catatan perjalanan pribadi,
dan sebagainya
Ø tujuan Blog Kesehatan :
bertujuan untuk memberikan informasi kesehatan terkini
Ø Tujuan Blog bisnis :
bertujuan untuk memberikan informasi terkini seputar bisnis sebuahperusahaan
Pengertian
Blogger :
Blogger adalah pemilik blog atau pengarang isi blog.
Etika Blogger :
Memiliki tujuan yang baik
Membuat artikel/postingan yang asli, bukan hasil copy paste
(plagiat) atau kegiatan lain yang melanggar hak cipta (tanpa ijin pemilik)
Tidak membuat postingan yang merugikan orang lain,
mengganggu, menipu (spam), mengandung kekerasan, isu sara, dan hal negatif
lainnya
Perkembangan Blog :
Saat ini, khususnya di Indonesia, kegiatan blogging berkembang sangat pesat
dengan tujuan yang beragam pula. Sebagian besar blog masih menggambarkan konsep
blogging yang murni, akan tetapi sebagian blog juga berkembang sesuai dengan
kemauan dan tujuan pemiliknya sehingga banyak yang berisi materi bebas dan
terkadang keluar dari konsep blogging sebenarnya.
Splogs :
Splogs adalah singkatan dari spam blog, splogs umumnya berisi informasi spam
yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya, dan bersifat merugikan
seseorang maupun pihak lain.
ANALISIS WEB
PENGUKURAN WEB
Di
bawah ini ada beberapa tools yang digunakan untuk mengeukur website dari segi
kecepatan akses dan performanya, serta mengukut banyaknya pengunjung suatu
website, berikut ini penjelasan mengenai beberapa tools yang digunakan untuk
mengukur kecepatan akses website.
1.PINGDOM TOOLS
Pingdom
Tools merupakan sebuah alat ukur kecepatan website dapat di akses, nilai dari
sebuah website, dan berapa ukuran dari sebuah website tersebut.
Beberapa
kelebihannya di kategorikan sebagai berikut :
Performance
Grade : melihat nilai kecepatan performa halaman web, dari akses DNS, browser
cache, combine external css dan lain-lain.
Waterfall
: melihat detail kecepatan akses ketika membuka halaman web, dari gambar bahkan
sampai seberapa cepat script tersebut dapat di akses.
Page
Analysis : melihat detail analisa halaman web.
History
: melihat detail akses dari beberapa hari lalu.
Kekurangan
yang terdapat pada tools ini, sama seperti tools alat ukur akses web pada
umumnya yaitu Membutuhkan akses internet yang stabil, karena tidak mungkin kita
bisa mengukur kecepatan akses suatu website kalau akses internet kita terhadap
website tersebut tidak stabil/berjalan dengan baik.
2.GTMETRIX
GTmetrix
adalah website untuk menganalisa kecepatan web yang tersedia secara gratis,
dengan menggunakan google page speed dan Yahoo Yslow sebagai analyze engine dan
untuk menampilkan hasil serta rekomendasi yang harus dilakukan.
Dengan
GTmetrix juga dapat membandingkan beberapa URL sekaligus dan jika mendaftar
sebagai anggota maka dapat:
-
Melihat tes sebelumnya untuk membandingkan hasilnya
-
Menjadwalkan cek website secara otomatis
-
Menyimpan laporan
-
Memilih hasil laporan untuk ditampilkan kepublic atau tidak
Kelebihan
GTmetrix :
-
Dapat menggunakan google page speed dan YSLOW sebagai analyze engine
-
Dapat membandingkan beberapa
URL sekaligus
-
Menjadwalkan cek website secara otomatis
-
Dapat menyimpan laporan
-
Memilih hasil laporan untuk ditampilkan kepublic atau tidak.
Kekurangan
GTmetrix :
-
Jika menggunakan GTmetrix harus menggunakan internet yang cepat.
3.ALEXA RANK
Alexa
Internet, Inc. adalah perusahaan yang berbasis di California yang
mengoperasikan situs yang menyediakan informasi mengenai banyaknya pengunjung
suatu situs dan urutannya. Alexa Internet didirikan pada tahun 1996 oleh
Brewster Kahle dan Bruce Gilliat. Cara kerja Alexa rank Alexa memberikan
peringkat ke sebuah situs berdasarkan jumlah pengunjung unik. Semakin rendah
alexarank dari situs berarti situs memiliki sedikit pengunjung unik.Jadi jika
Anda bisa mendapatkan lebih banyak traffic ke situs Anda, Anda akan mendapatkan
lebih rendah alexa rank.
Kelemahan Alexa:
1.
Jika pengguna internet (pengakses situs anda tidak menginstal Alexa Toolbar di
browsernya) maka sekalipun ada 1000 pengunjung situs anda dalam sehari, Alexa
akan tetap menilai situs anda tidak ada pengunjungnya.
2.
Jika dalam sehari ada yang mengakses situs anda 20 kali dengan alamat IP
(Internet protocol) yang sama, maka akan dianggap situs anda hanya dikunjungi
oleh 1 satu orang hanya dapat poin 1, akan berbeda jika situs anda dikunjungi
oleh 20 orang dengan alamat IP berbeda (unik) maka situs anda akan memperoleh
nilai 20 (nilai ini hanya pengandaian, Alexa mempunyai formula sendiri dalam
menentukan nilai sebuah web) .
Kelebihan Alexa :
1.
Alexa rank akan menampilkan tingkat popularitas dari sebuah situs web yang
dibandingkan dengan web milik kita,termasuk jangkauan,tampilan halaman,dan
masih banyak lagi.
2.
Pencarian analisa akan menampilkan kepada kita yang merupakan syarat untuk kita
untuk berkompetisi untuk mendapatkan sebuah traffic 3.Data pengunjung akan
menampilkan kepada kita apa yang menarik dari website kita yang dilihat oleh
pengunjun – pengunjung website kita 4.Data clickstream akan menampilkan kepada
kita sebagai pemilik website dimana dalam mendapatkan traffic dari program
keanggotaan dan kemitraan.
CRAWLER
Crawler
bertugas untuk mengindeks, membuat rangking, menyusun dan menata halaman dalam
bentuk indeks terstruktur agar bisa dicari dalam waktu yang sangat cepat.
Obyek
dari crawler adalah isi halaman, file, folder dan direktori web, sedangkan
subyek dari robots.txt adalah mesin pencari/search engine crawler.
Crawler
ini penting dipahami untuk SEO.
Crawler
akan berhadapan dengan robotsg.txt yang akan memandu mesin pencari/search
engine seperti google, yahoo dan bing untuk mengindeks sebuat blog atau
website, sehingga crawler akan tahu mana halaman, folder atau file yang boleh
diindeks atau tidak, semakin lengkap sebuah panduan dalam robots.txt akan lebih
baik, dengan demikian robot crawler akan dengan cepat mengindeks isi website,
kebanyakan halaman situs berisi link ke halaman lain.
Sebuah
spider dapat memulai dari manapun, apabila ia melihat sebuah link kepada
halaman lain, maka ia akan segera menuju ke sana dan mengambilnya.
Search
engine seperti Alta vista mempunyai banyak spider yang bekerja secara pararel.
Sangat direkomendasikan untuk tidak menggunakan javascript pada menu utama,
gunakanlah tag noscript, hyal ini dikarenakan javascript tidak bisa diambil
oleh spider untuk search engine, dan semua link yang mengandung javascript akan
ditolak sebagai halaman teks.
Crawlers Pada Search Engine
Berikut
ini adalah contoh-contoh dari Crawler:
1.Teleport Pro
Salah satu software web crawler untuk keperluan
offline browsing. Software ini sudah cukup lama popular, terutama pada saat
koneksi internet tidak semudah dan secepat sekarang. Software ini berbayar dan
beralamatkan di http://www.tenmax.com.
2.HTTrack
Ditulis dengan menggunakan C, seperti juga Teleport
Pro, HTTrack merupakan software yang dapat mendownload konten website menjadi
sebuah mirror pada harddisk anda, agar dapat dilihat secara offline. Yang
menarik software ini free dan dapat di download pada website resminya di http://www.httrack.com
3.Googlebot
Merupakan
web crawler untuk membangun index pencarian yang digunakan oleh search engine
Google. Kalau website anda ditemukan orang melalui Google, bisa jadi itu
merupakan jasa dari Googlebot. Walau konsekuensinya, sebagian bandwidth anda
akan tersita karena proses crawling ini.
4.Yahoo!Slurp
Kalau
Googlebot adalah web crawler andalan Google, maka search engine Yahoo
mengandalkan Yahoo!Slurp. Teknologinya dikembangkan oleh Inktomi Corporation
yang diakuisisi oleh Yahoo!.
5.YaCy
Sedikit
berbeda dengan web crawler lainnya di atas, YaCy dibangun atas prinsip
jaringan P2P (peer-to-peer), di develop dengan menggunakan java, dan
didistribusikan pada beberapa ratus mesin computer (disebut YaCy peers).
Tiap-tiap peer di share dengan prinsip P2P untuk berbagi index, sehingga tidak
memerlukan server central.
Contoh search engine yang menggunakan YaCy adalah
Sciencenet (http://sciencenet.fzk.de)
untuk pencarian dokumen di bidang sains.
Cara Kerja Web Crawler
Web
crawler atau yang dikenal juga dengan istilah web spider bertugas untuk
mengumpulkan semua informasi yang ada di dalam halaman web. Web crawler bekerja
secara otomatis dengan cara memberikan sejumlah alamat website untuk dikunjungi
serta menyimpan semua informasi yang terkandung didalamnya. Setiap kali web
crawler mengunjungi sebuah website, maka web crawler tersebut akan mendata
semua link yang ada dihalaman yang dikunjunginya itu untuk kemudian di kunjungi
lagi satu persatu. Proses web crawler dalam mengunjungi setiap dokumen web
disebut dengan web crawling atau spidering. Beberapa websites, khususnya yang
berhubungan dengan pencarian menggunakan proses spidering untuk memperbaharui
data data mereka. Web crawler biasa digunakan untuk membuat salinan secara
sebagian atau keseluruhan halaman web yang telah dikunjunginya agar dapat di
proses lebih lanjut oleh system pengindexan. Crawler dapat juga digunakan untuk
proses pemeliharaan sebuah website, seperti memvalidasi kode html sebuah web,
dan crawler juga digunakan untuk memperoleh data yang khusus seperti
mengumpulkan alamat e-mail.
Web
crawler termasuk kedalam bagian software agent atau yang lebih dikenal dengan
istilah program bot. Secara umum crawler memulai prosesnya dengan memberikan
daftar sejumlah alamat website untuk dikunjungi, disebut sebagai seeds. Setiap
kali sebuah halaman web dikunjungi, crawler akan mencari alamat yang lain yang
terdapat didalamnya dan menambahkan kedalam daftar seeds sebelumnya
Cara
Supaya Halaman Web Kita Masuk Dalam Google Crawlers :
Tips Agar Sering didatangi oleh Google Crawlers pertama :
Membuat sitemap dan atau daftar isi
Sitemap
(peta situs) blog berfungsi membantu search engine bot menjelajahi, menemukan
dan mengindeks konten blog kita. Jika blog anda berplatform wordpress.org, cara
paling mudah membuat sitemap adalah dengan memasang plugin bernama Google XML
sitemaps. Sitemap sebenarnya hampir sama dengan halaman daftar isi yang sering
kita buat di blog, hanya sitemap berisi kode-kode HTML yang dibaca oleh bot
sedangkan daftar isi untuk dibaca oleh manusia. Jika anda ingin sitemap yang
juga berfungsi sebagai daftar isi, gunakan plugin bernamaDagon Sitemap
Generator. Beberapa themes seperti GoBlog Themes sudah menyediakan sitemap
secara default seperti ini: Sitemap.
Tips Agar Sering didatangi oleh Google Crawlers kedua :
Mendaftarkan
sitemap di Google Webmaster Tools .
Sitemap
blog anda perlu didaftarkan di Google Webmaster Tools. Google webmaster sendiri
penting diikuti oleh semua pemilik blog agar anda dapat menganalisa semua data
yang berkenaan dengan blog anda. Melalui uji sitemap, kita bisa mengetahui
konten mana di blog yang belum terindeks Google. Daftarkan dulu blog anda di
Google Webmaster Tools, lihat caranya disini
Setelah
terdaftar, masuk ke bagian “pengoptimalan” >> “peta situs” dan masukkan
nama sitemap blog anda.
Kolom
yang perlu diisi disamping URL blog kita adalah: sitemap.xml, jadi lengkapnya
adalah: namabloganda.com/sitemap.xml
Tips
Agar Sering didatangi oleh Google Crawlers ketiga :
Internal
link
Internal
link merupakan teknik onpage optimization, yaitu salah satu cara yang digunakan
dalam SEO untuk meningkatkan online visibility dari sebuah blog. Internal link
adalah link yang mengarah ke dalam blog kita sendiri. Buatlah link tersebut
relevan dengan topik yang sedang dibahas. Berapa banyak internal link yang
perlu ditambahkan dalam 1 artikel ? Tidak ada patokan, namun buatlah minimal 2
saja. Satu link mengarah ke homepage dan 1 link mengarah ke artikel lain yang
kategorinya sejenis atau bahkan mengarah ke artikelnya itu sendiri. Internal
link ini sama fungsinya seperti sitemap yaitu memudahkan Google Crawlers
menjelajahi blog kita
SEARCH ENGINE
Mesin
pencari (search engine) adalah salah satu program komputer yang di rancang
khusus untuk membantu seseorang menemukan file-file yang disimpan dalam
computer, misalnya dalam sebuah web server umum di web (www) atau komputer
sendiri. Mesin pencari memungkinkan kita untuk meminta content media dengan
criteria yang spesifik ( biasanya berisikan prase atau kata yang kita inginkan)
dan memperoleh daftar file yang memenuhi kriteria tersebut.
Cara Kerja Search Engine
Mesin
pencari web bekerja dengan cara menyimpan informasi tertang banyak halaman web,
yang diambil secara langsung dari www. Halaman ini di ambil dengan web
crawler-browsewr web yang otomatis mengikuti setiap pranala yang di lihatnya.
Isi setiap halaman lalu dianalisis untuk menentukan cara mengindeksnya
(misalnya kata-kata di ambil dari judul, subjudul, atau field khusus yang di
sebut meta tag ).
Data
tentang halaman web disimpan dalam sebuah database indeks untuk di gunakan
dalam pencarian selanjutnya. Sebagian mesin pencari seperti Google, menyimpan
seluruh atau sebagian halaman sumber ( yang di sebut cache) maupun informasi
tentang halaman web itu sendiri. Ketika seorang pengguna menggunakan mesin
pencari dan memasukin query, biasanya dengan memasukan kata kunci, mesin
mencari akan mengindeks dan memberikan daftar halaman web yang paling sesuai dengan
kriterianya. Daftar ini biasanya di sertai ringkasan singkat mengenai judul
dokumen dan terkadang sebagian teks dari hasil pencarian yang kita cari.
Pengelompokan Search Engine
Search
Engine dikelompokkan ke dalam tiga kelompok utama. Yaitu, primer, sekunder, dan
targeted. Yuk kita bahas satu-satu :
Search Engine Primer
Search
engine primer adalah jenis search engine yang umum kite kenal salama ini, yaitu
Google, Yahoo!, dan MSN.
Google
The
King of Search Engine, itulah julukan yang diberikan untuk Google. Julukan itu
memang pantas diberikan kepada Google. sebab Google memberikan tingkat
ke-akurat-an yang bisa memuaskan banyak pihak. Seperti juga Yahoo!, Google
memang memberikan berbagai fasilitas tambahan kepada mereka yang
menginginkannya. Seperti dalam pencariannya memuat foto, video dan file yang
bersangkutan, dapat menterjemahkan halaman berbahasa asing, misalkan halaman
berbahasa Inggris dapat diterjemahkan menjadi berbahasa Indonesia, dll..
Tapi
sekali lagi ditekankan bahwa, fasilitas tambahan itu bukanlah penyebab utama
kepopuleran Google. Keakuratan lah yang menyebabkan Google begitu populer.
Keakuratan ini mulai dikembangkan saat para pendesign Google mulai menambahkan
faktor link popularity kedalam teknik perangkingannya.
Kombinasi
antara keyword dan link popularity ini, memberikan tingkat keakuratan yang
tinggi jika dibanding hanya menggunakan keyword saja. Namun perlu diingat juga
bahwa, link popularity dan keyword hanyalah dua dari sekian banyak faktor yang
diperhitungkan saat Google merangking tingkat relevansi dari suatu web page
terhadap suatu topik.
Yahoo!
Yahoo!
adalah sebuah search engine. Tapi selain search engine, Yahoo! juga memiliki
apa yang disebut dengan Web Directory. Jika kamu belum mengetahui apa yang
dimaksud dengan Web Directory itu, berikut gambarannya secara umum.
Web
Directory adalah kumpulan dari web page yang ada di internet. Web page-web page
itu dikelompokkan kedalam beberapa kategori utama. Dari beberapa kategori utama
ini, dipecah atau dibagi-bagi lagi mencari sub katergori yang lebih spesifik.
Web
directory ini fungsinya mirip dengan search engine, yaitu untuk mencari,
mengelompokkan, kemudian merangking atau mengindex berbagai web page yang ada
di internet. Jadi kita bisa menggunakan web directory ini untuk mencari web
page berdasarkan kategori yang kita inginkan.
Yahoo!
sebenarnya pada awal pembuatannya adalah sebuah web directory. Untuk lebih
jelasnya, kamu bisa membaca mengenai sejarah Yahoo!. S eiring perkembangannya,
Yahoo! akhirnya dikenal juga sebagai search engine. Namun tidak seperti Google,
dalam upayanya menyediakan fasilitas web search, Yahoo! tidak bekerja
sendirian. Yahoo! bekerjasama dan menggunakan jasa dari pihak ketiga, misalnya
Inktomi, AllTheWeb, AltaVista, Overture, dan juga Google.
Bing
BING
mesin pencari yang baru dari Microsoft, telah datang dan mengambil perhatian
banyak orang dengan cepat. Bing ini merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan
Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu, yakni Live
Search, Windows Live Search, dan MSN Search. Produk mesin pencari yang baru ini
secara resmi dilucurkan pada tanggal 3 Juni 2009 menggantikan mesin pencari
sebelumnya, yaitu Live Search. Bing diciptakan dengan menggunakan suatu
teknologi, yakni teknologi PowerSet.
Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh
hasil pencarian yang lebih akurat. Di samping itu, Bing dilengkapi dengan
kemampuan untuk menyimpan dan membagi historis pencarian melalui Windows
Skydrive, Facebook, dan e-mail. Bing mengelompokkan pencarian berdasarkan empat
kategori, yaitu : pencarian halaman situs atau website, pencarian gambar, pencarian
berita, pencarian siapa dan apa yang paling banyak dicari oleh pengguna Bing.
Search Engine Sekunder
Mereka
disebut search engine sekunder karena mereka mempunyai audience atau user yang
lebih spesifik. Search engine yang masuk kedalam kelompok search engine
sekunder ini biasanya memang dibuat dan ditujukan khusus untuk kalangan
tertentu saja. Misalnya untuk pengguna dari negara-negara tertentu saja.
Search
engine sekunder mungkin memang tidak memberikan traffik sebanyak search engine
primer. Antara lain itu disebabkan oleh keterbatasan seperti yang sudah
disebutkan diatas.
Search
engine sekunder dibuat dan ditujukan untuk kalangan spesifik, yang artinya
mereka punya audience atau user yang spesifik pula. Jika kebetulan search
engine tersebut memiliki audience yang sama dengan audience yang menjadi target
kita maka traffic yang kita dapatkan dari search engine sekunder ini adalah
memang traffik yang menjadi target utama kita. Itu artinya kita tidak perlu
repot-repot lagi mencari orang-orang yang menjadi target utama kita. Kita cukup
memfokuskan diri pada search engine sekunder yang mempunyai audience yang sama
dengan audience yang menjadi target dari usaha SEO yang kita lakukan.
Seperti
juga search engine yang termasuk dalam kelompok primer, search engine sekunder
ini juga mempunyai algoritma yang berbeda dalam hal merangking. Mereka
mempunyai penekanan pada kriteria yang berbeda-beda dalam hal penentuan
rangking. Ada yang lebih menekankan pada penggunaan keyword, sementara yang
lain lebih menekankan pada link, dan seterusnya.
Search
engine sekunder ini tidak bisa kita abaikan saat kita mulai membuat perencanaan
SEO. Seperti yang sudah dikatakan tadi, walau mungkin traffic yang mereka
berikan tidak sebanyak traffik dari search engine primer, namun traffik
tetaplah traffik. Lycos, Miva, LookSmart, Ask.com, dan Espotting adalah
contoh-contoh search engine yang termasuk dalam kelompok sekunder.
Targeted Search Engine
Targeted
search engine terkadang disebut juga topical search engine. Yaitu search engine
yang lebih spesifik dari yang spesifik. Search engine ini biasanya dibuat untuk
melayani user-user yang mempunyai ketertarikan pada topik-topik yang tertentu.
Topik-topik ini biasanya bersifat umum, misalnya masalah kesehatan, bisnis,
pendidikan, teknologi, dan sejenisnya.
Contoh-contoh
search engine targeted ini misalnya, CitySearch, Yahoo! Travel, dan
MusicSearch. Seperti juga search engine sekunder yang kita bicarakan diatas,
traffik yang ke atau dari search engine kelompok targeted ini adalah traffik
yang benar-benar spesifik. Carilah search engine targeted yang mempunyai
relevansi dengan topik yang menjadi target usaha SEO yang kita lakukan.
Web Archiving
Definisi Web Archiving
Pengarsipan
web (Web Archiving) adalah proses mengumpulkan bagian dari WWW dan memastikan
koleksi tersebut diawetkan dalam suatu arsip, misalnya situs arsip, untuk
diakses peneliti, sejarawan, dan masyarakat umum pada masa datang.
Cara Kerja Web Archiving
Yang
paling umum web pengarsipan teknik menggunakan web crawler untuk
mengotomatisasi proses pengumpulan halaman web. Web crawler biasanya mengakses
halaman web dengan cara yang sama dengan yang dilakukan user yang menggunakan
web browser untuk menemukan website yang ingin dicari.
Contoh-contoh Web Archiving
Berikut
Ini adalah Beberapa Contoh Layanan yg melayani jasa Web Archiving:
•
Archive-it : Sebuah Layanan Pengarsipan Web Berlangganan yang memperbolehkan
sebuah institusi Untuk Membangun, Me-Manage, dan Mecari Arsip web Institusi itu
sendiri
•
Archive.is : Sebuah Layanan Pengarsipan Web Gratis Untuk menyimpan Halaman dan
berikut juga Gambar dari sebuah website tertentu. Dan bias menyimpan halaman
dari Web 2.0.
•
Iterasi : Sebuah Layanan Pengarsipan Web yang khusus untuk agensi pemerintahan,
organisasi Finansial, brand heritage Dll.
0 komentar:
Posting Komentar