Pages

Rabu, 17 Juni 2015

TUTORIAL INSTALASI UBUNTU 14.04 SERVER (LAMP) OFFLINE



Anggota kelompok :
Adam Putera Utama – 50411107
Camilla Insani Putri – 51411579
Dana Arista Hanri Pratama – 51411701
Irwan Dwi Saputro – 53411714
Novita Rakhmayanti – 55411254
Sandro Rio Abadi – 56411584

Dibawah ini kami akan mencoba memberi tutorial langkah – langkah instalasi Ubuntu 14.04 server LAMP (Linux, Apache, MySQL, dan PHP). Untuk mengelola database dengan interface web, kita gunakan phpMyAdmin.
Siapkan Ubuntu 14.04 Server, anda bisa menggunakan CD/DVD ataupun USB flash drive sebagai media instalasi.
Setelah memasukkan Ubuntu 14.04 Server kedalam CD/DVD atau USB flash drive, lakukan booting komputer dan masuk kedalam instalasi ubuntu server tersebut.
Pilih bahasa pada menu instalasi kemudian pilih install ubuntu server



4. Lalu pilih bahasa saat instalasi tersebut akan dimulai.









5. Selanjutnya pilih lokasi. Indonesia berada pada menu other – Asia – Indonesia. Dikarenakan kita mengkombinasikan bahasa dan lokasi yang berbeda (dalam tutorial ini English untuk bahasa dan Indonesia untuk lokasi), sementara tidak ada pengaturan standar (seperti zona waktu, format bilangan, dll) untuk kombinasi ini, proses instalasi akan meminta kita untuk memilih salah satu pengaturan standar yang tersedia. Dalam tutorial ini digunakan en_US.UTF-8.

















6. Kemudian langkah selanjutnya adalah konfigurasi keyboard. Pilih saja English (US) yang biasa digunakan pada umumnya.













7. Selanjutnya proses instalasi akan memeriksa dan mengaktifkan media instalasi, memanggil file konfigurasi awal instalasi, memanggil komponen installer dari media instalasi, memeriksa perangkat fisik jaringan komputer dan pengaturan jaringan.









8. Langkah selanjutnya adalah pengaturan jaringan. Agar lebih mudah kita pilih atur jaringan secara otomastis. Setelah konfigurasi jaringan selesai akan diminta nama server. Bisa diisi dan bisa juga dikosongkan.













9. Kemudian langkah selanjutnya adalah pengaturan waktu. Disini pengaturan waktu sesuai dengan NTP (Network Time Protocol).













10. Lalu langkah selanjutnya yaitu partisi hard disk. Dalam pembuatan partisihard disk, ada 4 (empat) pilihan yang tersedia:
Terpandu – gunakan seluruh hard disk
Pembuatan partisi hard disk secara otomatis dilakukan oleh sistem.
Terpandu – gunakan seluruh hard disk dan setel LVM
Pembuatan partisi hard disk secara otomatis dilakukan oleh sistem, disertai tambahan fitur LVM (Logical Volume Manager) yang memungkinkan kita untuk mengatur hard disk dalam jumlah besar atau banyak, sehingga memungkinkan kita menambah, mengganti, menyalin dan berbagi isi dari satu hard disk ke hard disk lain tanpa perlu mengganggu service yang sedang berjalan.
Terpandu – gunakan seluruh hard disk dan setel LVM terenkripsi
Sama dengan Guided – use entire disk and set up LVM, namun partisi akan dienkripsi agar tidak mudah dibaca oleh orang lain.
Manual
Pembuatan partisi hard disk kita lakukan sendiri.

Dalam tutorial ini digunakan pilihan Terpandu – gunakan seluruh hard disk dan setel LVM.

























11. Selanjutnya adalah pemasangan sistem.













12. Langkah terakhir yaitu penyelesaian instalasi. Tahap ini adalah tahap terakhir dari instalasi ubuntu server.









Sekian tutorial instalasi ubuntu 14.04 server dari kami mungkin masih jauh dari sempurna. untuk lebih jelasnya bisa dilihat disini.

wassalamualaikum wr. wb.

0 komentar:

Posting Komentar