Pages

Minggu, 18 Maret 2012

IBD sebagai salah satu MKDU (Mata Kuliah dasar Umum)

Ini adalah pertama kalinya lagi saya menulis d blog di awal Semester dua ini, Mata Kuliah saya sekarang ini adalah Mata kuliah IBD (Ilmu Budaya Dasar) mungkin ada sedikit persamaan nama dari mata kuliah yang saya pelajari di semester lalu.yaitu ISD (Ilmu Sosial Dasar), dengan yang kita ketahui ISD adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang masalah2 atau gejala2 sosial masyarakat di Indonesia, namun berbeda dengan yang saya pelajari di semester ini yaitu Ilmu Budaya dasar (IBD) saya pun belum begitu memahaminya, tapi untuk lebih jelasnya saya ingin mencoba menjelaskan apa itu pengertian dan tujuan dari IBD (Ilmu Budaya Dasar).

PENGERTIAN,TUJUAN IBD (Ilmu Budaya Dasar)

IBD (Ilmu Budaya Dasar) adalah salah satu mata kuliah yang mempelajari tentang kehidupan manusia,kehidupan manusia ini bisa diartikan dari segi-segi nilai kemanusiaan, masalah dalam kehidupan maupun kebudayaan manusia tersebut.
Pengertian dari IBD (Ilmu Budaya Dasar) adalah suatu pengetahuan yang memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk menyelesaikan masalah-masalah manusia dan kebudayaan. sejarah nya IBD dikembangkan petama kali di Indonesia sebagai pengganti istilah basic humanitiesm yang berasal dari istilah bahasa Inggris “the Humanities”. Adapun istilah humanities itu sendiri berasal dari bahasa latin humnus yang astinya manusia, berbudaya dan halus. Dengan mempelajari th humanities diandaikan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus.

Tujuan Dari IBD yaitu diharapkan nya bagi para mahasiswa dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Ilmu Budaya Dasar juga bertujuan untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemarnpuan kritikalnya terhadap nilai-nilai budaya, baik yang menyangkut orang lain dan alam sekitarnya, maupun yang menyangkut dirinya sendiri. selain itu dengan dipelajari nya Ilmu Budaya Dasar , diharapkan seluruh Mahasiswa nantinya memiliki latar belakang pengetahuan yang cukup luas tentang budaya dan kehidupan di Indonesia, dengan demikian para mahasiswa diharapkan untuk turut mendukung dan mengembangkan kebudayaan sendiri.

3 kelompok ilmu pengetahuan

ilmu penetahuan dibagi menjadi tiga yaitu:
  • Ilmu pengetahuan alam
  • Ilmu pengetahuan sosial
  • Ilmu pengetahuan budaya atau biasa disebutnya Ilmu penetahuan humaniora

 IBD (Ilmu Budaya Dasar) dan IPS (Ilmu Pengetahuan sosial)
 
selanjutnya saya akan menjelaskan apa itu perbedaan dan persamaan antara IBD (Ilmu Budaya dasar) dengan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial).


PERSAMAAN IBD DAN IPS

Mungkin Susah untuk mencari perbedaann antara IBD dan IPS Karena keduanya sebenernya mempunyai banyak persamaan dan saling berkaitan. namun salah satu persamaan nya keduanya mempelajari tentang
mnusiawian yang pada dasarnya seperti yang kita ketahui kita sebagai manusia tidak bisa hidup sendiri,jadi kita sebagai manusia haruslah bersosialisasi kepada banyak orang tanpa melihat warna kulit, umur,keturunan,kekayaan ds
Lalu  berbudaya. Maksud berbudaya di sini adalah agar kita tahu budaya kita,yang sudah jadi rahasia umum bahwa bangsa indonesia ini adalah salah satu negara yang  memiliki banyak budaya, maka dengan kita mempelajari IBD ini diharapkan kita tahu , memahami tentang budaya kita dan Selalu berusaha menjaga budaya kita agar tidak di ambil oleh negara asing!
Satu lagi persamaan IBD dan IPS  adalah Kehalusan atau tingkah laku dalam bermasyarakat. Dalam IBD juga IPS  kita di ajarkan tata cata atau tingkah laku dalam bersosialisasi sehari” di lingkungan.baik di lingkungan yang kita sudah terbiasa dan juga lingkungan yang baru ,karena setiap lingkungan mempunyai cara pandang yang berbeda dalam bersosialisasi!Maka kita harus bisa mengambill sikap yang tepat saat di lingkungan mana pun agar kita bisa di terima di lingkungan tersebut!!!!!

3 golongan bahan pelajaran IBD

1. ilmu-ilmu Alamiah (natural science)
ilmu ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta.

2. Ilmu-ilmu Sosial (social science)
 ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara                                                               manusia.

3. Pengetahuan Budaya (the humanties)
pengetahuan budaya bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi.

    0 komentar:

    Posting Komentar